Peter Gabriel

Peter Gabriel terlahir dengan nama Peter Brian Gabriel pada 13 Februari 1950 di Surrey, Inggris. Bakat musik Peter menurun dari keluarga ibunya dimana ia mengenal piano untuk pertama kalinya.

Pada 1967, Peter mendirikan Genesis bersama teman sekolahnya Tony Banks, Anthony Phillips, Mike Rutherford, dan Chris Stewart. Grup inilah yang kemudian membesarkan nama Peter Gabriel. Sayangnya tahun 1975, Peter memutuskan keluar dari grup yang ia dirikan ini dan memulai solo karirnya.
Empat album awal Peter Gabriel dirilis tanpa judul namun para fans memberinya judul CAR, SCRATCH, MELT, dan SECURITY.

Ketertarikan Peter akan musik etnik yang kemudian merubah jalur bermusiknya. Ia bahkan kemudian mendirikan Real World Studios dimana ia memberi keleluasaan pada pemusik etnis dari seluruh dunia untuk menuangkan kreatifitas mereka. Peter juga aktif memperkenalkan musik-musik dari berbagai penjuru dunia kepada dunia barat. Setelah merilis 9 studio album, ia sekarang lebih aktif di organisasi perlindungan hak-hak asasi.Panitia Oscar 2009 ini memang menjanjikan bakal ada banyak kejutan saat digelarnya acara penghargaan akbar ini. Kejutan lain kini dibuat lebih awal oleh penyanyi kondang AS, Peter Gabriel, yang sedianya diminta tampil di upacara Oscar.

Nominator Academy Award ini memprotes perhelatan Oscar dengan menolak tampil di acara yang digelar 22 Februari 2009. Aksi ini dilakukan Gabriel sebagai bentuk protes dari diubahnya cara ditampilkannya lagu-lagu yang bersaing dalam kategori lagu asli terbaik. Gabriel mengungkapkan dalam video di web pribadinya kalau dia keberatan lagu-lagu tersebut diperpendek jadi 65 detik dan dibawakan dengan cara medley.

"Itu sedikit tidak menguntungkan karena penulis lagu, walau mereka hanya jadi bagian kecil dari proses pembuatan film, kami masih bekerja dengan sangat keras dan pantas mendapat tempat yang lebih baik di acara ini," ungkap penyanyi berusia 59 tahun ini.

Gabriel dinominasikan bersama Thomas Newman untuk lagu Down To Earth dari film WALL-E. Musisi asal Inggris ini mengatakan dia akan tetap menghadiri Oscar tapi berharap penyanyi gospel menggantikannya di panggung.



0 Komentar:

Posting Komentar